By SDSN MAMPANG PRAPATAN on 00.19

Kabinet Baru Masih Jadi Agen Neoliberal?
DHONI SETIAWAN
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono beserta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II berfoto usai pelantikan di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (22/10).
Artikel Terkait:

* Pengusaha Sambut Baik Kabinet Baru
* Aviliani: Menko Perekonomian Tak Harus Pintar Ekonomi
* Hatta Rajasa Bersandar Pesan Orang Tua
* Ambil Menko Perekonomian, Hatta Terlalu Berani
* Tim Ekonomi Kabinet SBY Masih Meragukan?

Kamis, 22 Oktober 2009 | 15:39 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Kabinet Indonesia Bersatu II yang baru saja dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rupanya masih menuai kritikan tajam. Kritikan tersebut terutama pilihan-pilihan menteri pada pos-pos di bidang ekonomi yang disinyalir masih terkait erat dengan agenda-agenda neoliberal.

Pengamat ekonomi Ichsanuddin Noorsy menilai, Kabinet Indonesia Bersatu II yang telah resmi dilantik masih akan tetap menjadi agen neoliberal dalam kebijakan-kebijakannya dalam waktu-waktu mendatang.

"Dari pilihan orang-orang yang akan duduk di perekonomian, saya menduga ada agenda liberalisasi dan mekanisme pasar yang belum tuntas, dan harus tuntas di era 2009-2014 ," kata Ichsanuddin, Kamis ( 22/10 ), di Jakarta.

Masih adanya agenda neoliberal tersebut, kata Ichsanuddin, sudah terlihat dari beberapa kebijakan-kebijakan ekonomi yang akan masih tetap tidak pro rakyat. Ia mencontohkan sejumlah kebijakan tersebut antara lain, kenaikan tarif elpiji 12 kg yang akan terjadi pada 2010 , rencana kenaikan tarif premium, dan rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL). "Bahkan tarif tol yang sudah lebih dulu naik," kata dia.

Menurutnya, kepemimpinan nasional pada 2009-2014 ini masih belum memenuhi kriteria melindungi masyarakat kecil dan lemah. "Di atas kertas masalah kemiskinan dan pengangguran mungkin bisa teratasi. Tapi tidak akan teratasi secara esensial," tukasnya.

C11-09

Editor: Edj
http://m.kompas.com di mana saja melalui ponsel, Blackberry, iPhone, atau Windows Mobile Phone Anda

Comments

0 Response to ' '

Posting Komentar



ShoutMix chat widget
daenkblog.blogspot.com